14 OCT 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 245 DILIHAT

7 Manfaat Vitamin C

Pasti sudah tahu kalau vitamin C merupakan vitamin esensial, yang berarti tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Perannya bagi kesehatan pun luar biasa, terutama dalam menjaga daya tahan tubuh.

  1. Mengurangi risiko penyakit kronis
    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh dan membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

  2. Membantu mengelola tekanan darah tinggi
    Menurut publikasi di PubMed Central (National Library of Medicine), asupan vitamin C terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang sehat dan yang memiliki tekanan darah tinggi.

  3. Menurunkan risiko penyakit jantung
    Pemberian vitamin C yang cukup telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Suplemen ini dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, termasuk kadar kolesterol dan trigliserida LDL dalam darah yang tinggi.

  4. Mengurangi kadar asam urat darah
    Gout adalah jenis radang sendi yang sangat menyakitkan, akibat terlalu banyak asam urat dalam darah. Makanan dan suplemen yang kaya vitamin C ternyata bisa membantu penurunan kadar asam urat darah dan risiko asam urat yang lebih rendah.

  5. Membantu mencegah kekurangan zat besi
    Zat besi merupakan nutrisi penting, salah satunya membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang susah diserap (seperti daging) sehingga membantu mengurangi risiko kekurangan zat besi.

  6. Meningkatkan kekebalan
    Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan dengan membantu sel darah putih berfungsi lebih efektif, memperkuat sistem pertahanan kulit, dan membantu luka lebih cepat sembuh.

  7. Melindungi daya ingat
    Kadar vitamin C yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko memori dan gangguan berpikir seperti demensia, sementara asupan vitamin C yang tinggi dari makanan dan suplemen telah terbukti memiliki perlindungan.


Sumber vitamin C

Asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Vitamin C bisa didapat dengan cara mengonsumsi:

  • Buah dan sayuran, termasuk jeruk, stroberi, buah kiwi, paprika, brokoli, kangkung, dan bayam.
  • NutriliteTM Bio C yang mengandung vitamin C dan dilengkapi dengan acerola cherry dan citrus bioflavonoid yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin c untuk memelihara daya tahan tubuh.